HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL 10/08/2021

SANROSVEN, SMAS PANCA SETYA SINTANG. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat dengan Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap 10 Agustus.

Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa anak bangsa terus menghasilkan, mengembangkan, dan memajukan hasil teknologi dalam negeri. Pada 6 Oktober 1995 Presiden Republik Indonesia menetapkan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan IPTEK dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Perkembangan teknologi internet yang pesat saat ini telah memacu munculnya berbagai aplikasi baru termasuk dalam bidang pendidikan. Berbagai konsep dan teknik baru dalam pengajaran telah banyak dikembangkan untuk menggantikan pembelajaran di kelas, terutama pada masa pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia. Paradigma baru dalam pengajaran seperti active learning dan student-centered education telah mendorong lahirnya berbagai inovasi pengajaran.

SMAS Panca Setya Sintang merupakan salah satu sekolah yang sangat berpotensi dalam mengembangkan pembelajaran online berbasis elearning (moodle), sehingga saat pandemi SMAS Panca Setya Sintang siap menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, peserta didik tetap dapat mengikuti proses pembelajaran  dari tempat mereka masing-masing yang tersebar diberbagai wilayah.

Modular Object Oriented Dynamic Learning Environmment (MOODLE)  adalah sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi dunia pembelajaran melalui internet. Moodle termasuk dalam model  CAL+CAT ( Computer Assisted learning + Computer Assisted Teaching ) yang disebut LMS ( Learning Management System ). Moodle sekaligus kata yang menggambarkan betapa ingin mencapai sebuah tujuan, melakukan terencana untuk menggerakan orang (komunitas) yang akan membangun kreativitas dan pemikiran. Hal ini ditetapkan ketika moodle  dibuat untuk pengajar dan peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran daring dalam sebuah sistem LMS.

Tampilan Awal LMS MOODLE SMAS Panca Setya Sintang

Sistem yang dibuat adalah sistem berbasis web yang digunakan dalam pembelajaran online. Sistem ini merupakan software berbasis web yang menyajikan materi-materi pelajaran dalam bentuk halaman web, sehingga user dapat membaca dan mendownload materi pelajaran yang tersedia. Untuk dapat mengakses informasi mengenai mata pelajaran, user diwajibkan untuk melakukan proses pendaftaran dengan memasukkan data diri seperti nama, email, dan lain sebagainya. Kemudian data tersebut akan disimpan pada sistem database. Data-data yang tersimpan pada database selanjutnya akan diambil ketika sistem melakukan proses verifikasi terhadap user. Proses verifikasi terjadi saat user melakukan login ke sistem.

Dengan adanya Hakteknas membuat kita harus selalu berinovasi dengan segala macam aplikasi pembelajaran yang bisa meningkatkan sumber daya manusia. Abad 21 adalah abad keunggulan. Kunci sukses  untuk kata keunggulan dan kemajuan adalah inovasi. Kita membutuhkan inovasi untuk memerangi kebodohan, kemiskinan, dan memacu pertumbuhan untuk menjadi bangsa yang terhormat, maju, dan kompetitif.

PENULIS: Kristofora, S.Kom