HARI PRAMUKA KE-60 : BERBAKTI TANPA HENTI

SANROSVEN, SMAS PANCA SETYA SINTANG. Kata pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang meliputi Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, dan terarah, yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip kepramukaan. Kegiatan ekstrakulikuler pramuka dapat mengembangkan potensi peserta didik, serta memberikan manfaat sosial yang besar dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Disamping itu, kegiatan ekstrakulikuler dapat memfasilitasi bakat, minat, dan kreativitas peserta didik yang berbeda-beda. Pendidikan kepramukaan sangat kental dengan upaya pembentukan karakter peserta didik. Ada beberapa nilai yang ditanamkan melalui pendidikan kepramukaan. Nilai-nilai tersebut  seperti cinta tanah air, solidaritas, sosial-kemanusiaan, saling menghormati, saling menghargai, toleransi, gotong royong, kerja sama, mencintai lingkungan alam, mandiri, pemberani, tangguh, kreatif, tanggung jawab, tahan terhadap kesulitan, disiplin, kepemimpinan, dan sebagainya.

Masyarakat harus membawa semangat positif pramuka dalam menjalani kehidupan sehari-hari selama masa pandemi. Melalui gerakan  pramuka, dapat membantu masyarakat untuk bertahan di tengah keadaan saat ini. Pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat nasioalisme bangsa Indonesia untuk menuai kebaikan terhadap sesama.

Pramuka adalah gerakan yang menumbuhkan jiwa kesatria, gagah berani, dan suka tolong menolong. Semangat inilah yang kita butuhkan dimasa pandemi. Organisasi pramuka mengajarkan kekompakan antara anggotanya yang bisa diterjemahkan menjadi kekompakan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Contohnya, kita tidak menutup mata ketika ada teman, sahabat, tetangga serta keluarga yang terkena Covid-19. Hal yang dapat dilakukan dengan memberi perhatian kepada mereka karena perhatian kita bisa menjadi obat ampuh untuk mereka yang sedang menghadapi masa isolasinya. Sikap tersebut dapat diaplikasikan dengan melihat kesulitan atau kebutuhan orang-orang terdekat. Jangan pernah sungkan untuk saling membantu sesama, karena sekecil apapun bantuan yang kita berikan akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Tak terasa HUT Pramuka ke-60 tahun ini kita peringati pada 14 Agustus 2021. Walau pandemi, gebyar semarak hari pramuka jangan sampai luntur.

Selamat Hari Pramuka Ke-60.

“ Berbakti Tanpa Henti “

Salam Pramuka